Cara Perawatan Kain Batik, Tenun dan Shibori

Tips Perawatan Batik

Kain Batik, Tenun dan Shibori merupakan kain special. Sehingga, perawatannya pun harus dilakukan secara hati-hati.

Pada dasarnya, ketiga kain di atas dibuat dengan pewarnaan yang masih tradisional, sehingga meninggalkan jejak pewarna yang tidak menempel sempurna di permukaan kainnya. Hal ini dapat membuat kain-kain tersebut luntur bila proses pencucian dan perawatan tidak dilakukan dengan benar.

Oleh karena itu, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, silahkan ikuti petunjuk perawatan ketiga kain tersebut di atas:
1. Hindari penggunaan sabun deterjen, karena sifatnya terlalu keras dalam mengikis warna yang menempel pada kain.
2. Pada tiga kali pencucian pertama, cukup kucek kain dengan tangan pada air bersih, tidak menggunakan sabun apapun.
3. Pencucian selanjutnya, cuci dengan cairan khusus yang banyak dijual di pasaran (lerak) atau shampoo. Larutkan air sampo sehingga tidak ada bagian yang mengental, sehingga tidak merusak warna kain.
3. Mencuci kain batik, Tenun dan Shibori cukup dengan dikucek lembut, terutama pada bagianyang kotor saja. Tidak perlu diperas, cukup ditarik bagian ujung-ujungnya saja agar kain lurus kembali.
4. Hindari menjemur kain/baju Batik, Tenun dan Shibori di tempat yang langsung terkena sinar matahari, cukup dijemur ditempat teduh atau diangin-anginkan saja.
5. Hindari menyetrika langsung kain/baju Batik, Tenun dan Shibori  (setrika bagian dalamnya saja) atau lapisi dengan kain lain pada saat disetrika.
6. Hindari menyemprot langsung kain/baju Batik, Tenun dan Shibori dengan parfum atau pengharum badan yang lainnya, karena akan merusak warna pada corak batik.

Close Menu
×
×

Cart

BELI VIA WHATSAPP